Banjir, KAI Daop 4 Semarang Minta Maaf kepada Pelanggan Akibat Keterlambatan Perjalanan

- Reporter

Selasa, 21 Januari 2025 - 08:22 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Update perkembangan penanganan banjir yang terjadi di Km 32+5/7 antara Stasiun Gubug - Stasiun Karangjati, Kabupaten Grobogan. Foto : Dok.KAI

Update perkembangan penanganan banjir yang terjadi di Km 32+5/7 antara Stasiun Gubug - Stasiun Karangjati, Kabupaten Grobogan. Foto : Dok.KAI

Semarang – Update pukul 07.30 WIB, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang terus melakukan penanganan intensif terhadap dampak banjir yang terjadi di Km 32+5/7 antara Stasiun Gubug – Stasiun Karangjati, Kabupaten Grobogan.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan bahwa hingga saat ini jalur rel di lokasi tersebut masih tergenang air sehingga belum dapat dilalui oleh kereta api.

Rekayasa Pola Operasi

Untuk pelayanan kelancaran operasional dan keselamatan, dilakukan rekayasa pola operasi dengan pengalihan rute perjalanan.

Kereta api dari Surabaya menuju Semarang yang semula melalui rute Surabaya – Cepu – Gubug – Brumbung – Semarang, sementara dialihkan menjadi Surabaya – Cepu – Gambringan – Gundih – Kedungjati – Brumbung – Semarang begitu juga sebaliknya KA-KA yang semula rute Semarang- Brumbung- Gubug- Cepu- Surabaya dialihkan rutenya menjadi Semarang- Brumbung- Kedungjati- Gundih- Gambringan- Cepu- Surabaya.

Baca Juga :  PLN Bantu Infrastruktur Tanggul Banjir di Semarang dengan 1.200 Sandbag FABA

Kereta api pertama yang menerapkan pola operasi jalan memutar ini adalah KA No. 227 Blora Jaya dengan relasi Cepu – Semarang Poncol.

Penanganan di Lokasi

Untuk mempercepat penanganan, KAI Daop 4 Semarang telah mengerahkan 1 rangkaian kereta api pengangkut batu kricak beserta material lainnya seperti pasir, bantalan rel, dan besi. Material ini digunakan oleh petugas prasarana KAI Daop 4 Semarang untuk memperbaiki jalur dan mengatasi luapan air di lokasi terdampak. Proses penanganan terus dilakukan secara intensif agar jalur dapat segera digunakan kembali.

Baca Juga :  XL Axiata Bersama Yayasan Benihbaik Bantu Warga Korban Bencana

Permohonan Maaf dan Kebijakan Pembatalan Tiket

KAI Daop 4 Semarang menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan atas keterlambatan perjalanan kereta api akibat banjir ini. Bagi pelanggan yang memilih untuk membatalkan perjalanannya, tiket dapat dibatalkan di stasiun pelayanan tiket terdekat, dan bea tiket akan dikembalikan 100% (di luar biaya pemesanan).

“Kami terus memantau perkembangan di lapangan dan akan memberikan pembaruan informasi secara berkala,” terang Franoto,

Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI di 121 atau melalui aplikasi KAI Access.***

Berita Terkait

Hujan Tak Halangi Ribuan Santri Kudus Rayakan Hari Santri Nasional
Empat Kabupaten Jateng Jadi Pilot Project Program T1P4K Bakti Taskin
Serapan Anggaran Baru 65,57%, Gubernur Minta OPD Percepat Realisasi
Taj Yasin: Kebijakan Kudus Bebaskan Izin PBG dan SLF Jadi Contoh bagi Daerah Lain
Jawa Tengah Siapkan Infrastruktur Rel Logistik Lewat Stasiun Batang
Jateng Rampungkan Pembentukan 8.523 KDKMP, Sekda Minta Koperasi Fokus pada Anggota
Daerah Diminta Kreatif Hadapi Pemangkasan TKD, Ini 5 Terobosannya
Hari Santri, Gus Yasin Dorong Pondok Pesantren Terbuka pada Publik

Berita Terkait

Rabu, 22 Oktober 2025 - 10:37 WIB

Hujan Tak Halangi Ribuan Santri Kudus Rayakan Hari Santri Nasional

Selasa, 21 Oktober 2025 - 20:26 WIB

Empat Kabupaten Jateng Jadi Pilot Project Program T1P4K Bakti Taskin

Selasa, 21 Oktober 2025 - 17:31 WIB

Serapan Anggaran Baru 65,57%, Gubernur Minta OPD Percepat Realisasi

Selasa, 21 Oktober 2025 - 16:27 WIB

Taj Yasin: Kebijakan Kudus Bebaskan Izin PBG dan SLF Jadi Contoh bagi Daerah Lain

Selasa, 21 Oktober 2025 - 11:55 WIB

Jawa Tengah Siapkan Infrastruktur Rel Logistik Lewat Stasiun Batang

Berita Terbaru